KPU
Home » Berita » Workshop dan Simulasi Penyusunan Daftar informasi Publik (DIP) pejabat pengelola informasi dan DOK Dilingkungan KPU Provinsi DKI Jakarta

Workshop dan Simulasi Penyusunan Daftar informasi Publik (DIP) pejabat pengelola informasi dan DOK Dilingkungan KPU Provinsi DKI Jakarta

dip

PPID dalam konteks keterbukaan informasi bermakna lain. PPID adalah sebutan yang digunakan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). PPID adalah singkatan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. Secara sederhana PPID adalah orang yang ditugaskan menduduki jabatan tertentu yang tugasnya mengelola informasi dan dokumentasi di suatu Badan Publik. Jadi, setiap Badan Publik idealnya memiliki PPID.

Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menggelar . Workshop dilaksanakan pada Selasa, 5 April 2016 di Gedung KPU Provinsi lantai 3, yang di hadiri oleh Anggota Divisi Sosialisasi Se DKI Jakarta dan Seluruh kasubbag Se-DKI Jakarta, begitupun perwakilan dari KPU Jakarta Barat yang dihadiri oleh Ir. Abdulloh Selaku Divisi Sosialisasi dan ibu Ike Arianti, SE. MM Selaku kasubbag Teknis&Hupmas yang menangani bidangnya dan Seluruh kassubag di KPU Jakarta Barat.  Acara Dibuka oleh Ibu Betty Epsillon Idroos dan penyampaian materi tentang tata cara penyusunan DIP (Data informasi Publik), metode yang dilakukan ialah diskusi kelompok  dan Brainstroming.

Dengan adanya kegiatan workshop tersebut diharapakan PPID Se DKI Jakarta dapat mendokumentasikan semua data yang berkaitan dengan kepemiluan terutama pada PILGUB DKI Jakarta yang akan dilakasanakan 15 Februari 2017, sehingga publik dapat memperoleh informasi tentang kepemiluan lebih efektif dan efesien melalui PPID tersebut. Adapun tujuaan dari Workshop ini yaitu untuk membangun pemahaman mengenai klasifikasi informasi publik, membangun keterampilan dan kemampuan untuk mengidentifikasi informasi yang dikuasai, dimana letaknya dan dalam bentuk apa. (prm/050416)