KPU
Home » Berita » Polres Jakarta Barat Melakukan Simulasi Pengamanan Pemilu 2014 di KPU Jakarta Barat

Polres Jakarta Barat Melakukan Simulasi Pengamanan Pemilu 2014 di KPU Jakarta Barat

Sebanyak 1.870 personil kepolisian di Jakarta Barat siap mengamankan jalannya pemilihan umum (Pemilu) 2014. Persiapan pemilu dilakukan dengan menggelar simulasi, pada Senin (10/3) di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta Barat. Dalam simulasi itu, ratusan polisi anti hura-hara bentrok dengan simpatisan partai. Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Fadil Imran, Senin (10/3) mengatakan, simulasi itu untuk mengantisipasi situasi yang nyata apabila terjadi bentrokan saat pemungutan atau penghitungan suara. “Dalam sidang pleno yang nyata nantinya, kami siapkan 560 personel polisi untuk berjaga di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta Barat,” katanya.
Dijelaskan Fadil, pihaknya juga akan melibatkan segenap elemen masyarakat untuk menjaga agar situasi pemilihan umum berjalan dengan kondisif.
“Penjagaan polisi mulai diberlakukan pada tanggal 16 Maret 2014, saat kampanye terbuka para caleg mulai dilakukan,” katanya. Untuk mengawal seluruh proses pemilu, kata Fadil, pihaknya akan menerjunkan 1.870 personil kepolisian di Jakarta Barat. “Pada saat pemungutan suara nanti, satu TPS bakal dijaga 2 polisi, 6 petugas keamanan dari masyarakat, dan 8 pengamanan langsung. Kami juga akan memperketat kawasan sentra ekonomi dan objek vital agar tidak terjadi gangguan keamanan,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua KPUD Jakarta Barat, Sunardi Sutrisno mengatakan, kerjasama dalam langkah pengamanan Pemilu sangat dibutuhkan.
“Dalam hal ini kami butuh bantuan dari Polres Jakarta Barat dan lingkungan Walikota Jakarta Barat, agar turut andil dalam penjagaan,” ungkapnya.