KPU
Home » Berita » KPU Kota Administrasi Jakarta Barat Melakukan Penyortiran Dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2014

KPU Kota Administrasi Jakarta Barat Melakukan Penyortiran Dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2014

KPU Kota Administrasi Jakarta Barat melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di Gelanggan Remaja Kebon Jeruk yang berada di dekat kantor Kecamatan Kebun Jeruk. “Penyortiran dan pelipatan suara melibatkan warga, sekitar 300 sampai 400 orang,” ujar Seketaris KPU Jakarta Barat Rudi Ikhwan, Kamis. Dia menambahkan, penyortiran dilakukan sejak Rabu kemarin sampai tanggal 15 Maret 2014.  Ketua KPU Jakarta Barat Sunardi Sutrisno menambahkan, penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPR RI. Hingga Kamis, sudah ratusan ribu surat suara yang telah disortir dan dilipat.
Ketua KPU Jakarta Barat, Sunardi Sutrisno mengatakan, proses penyortiran dan pelipatan surat suara Jakarta Barat baru dimulai kemarin (5/3). Sementara sampai hari ini (6/3) ada 97 surat suara yang rusak. “Surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 1.633.901 ditambah dua persen. Sudah tersortir 1/3 nya karena (penyortiran) baru dimulai kemarin. Jadi kalau totalnya, mungkin sekitar 5 jutaan surat suara yang telah tersortir. Jumlah yang rusak 97 surat suara dihari pertama,” terangnya.
Jumlah TPS untuk Jakarta Barat sendiri sebanyak 3818 TPS dengan 8 kecamatan dan 56 kelurahan. Jakarta Barat mendapatkan surat suara DPR dapil DKI Jakarta III, DPRD Provinsi DKI IX dan X serta DPD DKI Jakarta. “Targetnya, sampai 15 April sortir dan pelipatan selesai dilakukan. Untuk sortir dan pelipatan ini kami melibatkan masyarakat yang sudah dikoordinasikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan total pekerja mencapai 350 orang,” terangnya. Untuk pengamanan sendiri, selain dari pihak kepolisian, juga melibatkan para pengawas dari KPU Jakarta Barat, PPS serta beberapa siswa SMA yang magang dan bekerja sama dengan KPU Jakarta Barat. “Jadi setiap 10 pelipat ada pengawas,” ujar Sutrisno.