KPU
Home » Berita » KPU Jakarta Barat Sediakan Laptop untuk Warga Cek DPS

KPU Jakarta Barat Sediakan Laptop untuk Warga Cek DPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat menyosialisasikan daftar pemilih sementara pada Selasa (15/11/2016) ini. Sosialisasi dilakukan di Slipi, Tanjung Duren, dan Cengkareng.

 

Di Pasar Slipi, KPU Jakarta Barat membuka stand dan menyediakan dua buah laptop untuk mengecek data pemilih dalam daftar pemilih sementara (DPS).

“Pengunjung Pasar Slipi atau yang lewat bisa mengecek nama Bapak, Ibu, di stand ini dengan menunjukkan KTP sehingga akan tahu terdaftar di TPS mana, apakah sudah terdaftar di DPS atau belum,” ujar salah satu petugas menggunakan pengeras suara.

Warga yang berbelanja di Pasar Slipi langsung mendatangi stand tersebut satu per satu. Mereka menyerahkan KTP kepada petugas untuk dicek. Dua di antaranya yakni Linda (40) dan Novita (43), warga Kemanggisan.

Setelah dicek, nama mereka sudah terdaftar dalam DPS. Mereka merasa terbantu dengan adanya pengecekan data pemilih.

“Udah terdaftar. Terbantu mah, terbantu ya, belum cek ke kelurahan soalnya,” kata Linda.

Tak hanya penjual dan pembeli di Pasar Slipi, ada pula pengendara sepeda motor yang menyempatkan diri untuk berhenti demi mengecek apakah nama mereka sudah terdaftar dalam DPS.

“Sangat kebantu karena saya senditi belum tahu udah terdaftar atau belum. Jadi kita bisa cek, sekarang jan kita enggak tahu posisinya,” ucap Tatang (36), pengendara sepeda motor.

Warga lainnya, Ani Ardi (30), juga mengecek namanya di stand tersebut. Namun, data dia ternyata belum masuk dalam DPS. Petugas KPU kemudian memintanya datang ke kantor Kelurahan Kemanggisan, kelurahan tempat tinggalnya, untuk mendaftar.

“Saya kan ini KTP baru bikin abis Lebaran kemarin. Kami warga baru pindahan dari Tegal, wajar kalau memang belum terdaftar,” ujar Ardi.

Dia pun merasa terbantu dengan adanya sosialisasi yang dilakukan KPU Jakarta Barat. Setelah mengetahui namanya belum terdaftar sebagai pemilih, Ardi akan langsung ke kelurahan.

“Saya langsung ke sana (kantor kelurahan). Saya pengin punya hak suara. Saya sangat terbantu, biar hak suara saya tidak hilang. Saya juga pengin nyoblos,” ucap Ardi.

KPU Jakarta Barat menyediakan souvenir berupa boneka maskot Pilkada DKI 2017 dan mug untuk masyarakat yang mengecek namanya di stand di depan Pasar Slipi itu. Pengecekan DPS sudah bisa dilakukan sejak 10 November hingga 19 November 2016 mendatang.

Pengecekan bisa dilakukan dengan membuka laman https://pilkada2017.kpu.go.id/pemilih/dps/nasional atau datang langsung ke kantor kelurahan. Bagi yang belum terdaftar, masyarakat bisa langsung mendatangi panitia pemungutan suara (PPS) di kantor kelurahan setempat untuk mendaftar sebagai pemilih.