KPU Kota Jakarta Barat membuka pendaftaran Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019

0

Pendaftaran ini sudah dibuka pada 7 Januari kemarin dan kesempatan terakhir untuk melakukan pendaftaran pada Minggu (13/1/2019).

Langkah ini dilakukan berdasarkan Peraturan KPU nomor 10 tahun 2018 tentang sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat dalam penyelanggaraan Pemilu.

Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses domkrasi.        

Ketua KPU Jakarta Barat Cucum Sumardi memaparkan bahwa para relawan ini tidak dibatasi hanya berasal dari kalangan pemuda atau mahasiswa saja namun bisa disesuaikan dengan basis masing-masing.

Dijelaskannya, beberapa basis yang dibutuhkan seperti relawan demorkrasi dengan basis warganet harus memenuhi syarat seperti mampu membuat konten, dan fasih terhadap internet

Sedangkan relawan basis komunitas adalah mereka yang berkedudukan sebagai ketua atau anggota komunitas tertentu.

Ada juga relawan dengan basis disabiltas yang berkedudukan sebagai ketua atau anggota lembaga penyandang disabilitas atau aktif dibidang tersebut

Selain terdaftar sebagai pemilih, syarat yang diperlukan seperti fotokopi KTP, ijazah, pas foto, mengisi surat pernyataan relawan demokrasi seperti surat pernyataan tidak menjadi anggota parpol lima tahun terakhir, dan bukan bagian dari penyelenggara pemilu 2019.

Share.

About Author

Leave A Reply