Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pasca Putusan MK

0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta barat melantik 16 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Aula KPU  Jakrta Barat. Pelantikan anggota tersebut dilakukan seusai keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait tambahan jumlah PPK.

“Pelantikan ini khusus untuk 16 anggota tambahan, sebelumnya masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hanya berjumlah 3 orang,” ujar Ketua KPU Kota Jakarta barat, Cucum Sumardi seusai kegiatan, Rabu (2/1).

Cucum  menjelaskan, pada kesempatan sebelumnya, pihaknya telah menetapkan 3 anggota di masing-masing PPK. Namun dengan adanya putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018, maka KPU diperintahkan untuk menambah penyelenggara PPK menjadi lima.

Meski menambah jumlah anggota PPK, namun pihaknya tidak merekrut anggota baru, namun memanfaatkan anggota yang sudah ada dulu. Cucum mengaku telah melakukan verifikasi terhadap anggota yang akan ditetapkan.

“Kita lakukan verifikasi, apakah masih memenuhi syarat ketentuannya,” kata Cucum.

Menurut Cucum, anggota PPK tambahan yang dilantik tersebut merupakan hasil perekrutan yang dilakukan KPU Jakarta barat pada bulan November lalu. Namun, pelantikan mereka baru dapat dilakukan hari ini setelah melalui tahapan verifikasi.

“Untuk prosedurnya memang diprioritaskan kepada PPK Pilgub dulu. Kalau tidak memenuhi syarat maka baru memverifikasi urutan yang berikutnya,” katanya.

Dengan pelantikan 16 anggota tersebut kami berharap, mereka segera bergabung dengan PPK lainnya untuk mengejar ketertinggalan tahapan pemilu yang sudah dilaksanakan. Ia menegaskan, penyelenggara pemilu tidak boleh berpihak dalam memberikan pelayanan terhadap peserta pemilu, partai politik, pasangan calon, maupun peserta pemilu perseorangan

Share.

About Author

Leave A Reply